Apa Arti Fermentasi? - hcs-commando.com

hcs-commando.com

Bersama ASPPORI (Asosiasi Petani Peternak Organik Indonesia) Sukses bersama Anda

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 25 Desember 2019

Apa Arti Fermentasi?

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Secara umum, fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik, akan tetapi, terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal.


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/77/Fermenting.jpg


Gula adalah bahan yang umum dalam fermentasi. Beberapa contoh hasil fermentasi adalah etanol, asam laktat, dan hidrogen. Akan tetapi beberapa komponen lain dapat juga dihasilkan dari fermentasi seperti asam butirat dan aseton. Ragi dikenal sebagai bahan yang umum digunakan dalam fermentasi untuk menghasilkan etanol dalam bir, anggur dan minuman beralkohol lainnya.

 Respirasi anaerobik dalam otot mamalia selama kerja yang keras (yang tidak memiliki akseptor elektron eksternal), dapat dikategorikan sebagai bentuk fermentasi yang mengasilkan asam laktat sebagai produk sampingannya. Akumulasi asam laktat inilah yang berperan dalam menyebabkan rasa kelelahan pada otot.  Sumber:  Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages