Beberapa Jenis Dari Fermentasi - hcs-commando.com

hcs-commando.com

Bersama ASPPORI (Asosiasi Petani Peternak Organik Indonesia) Sukses bersama Anda

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 25 Desember 2019

Beberapa Jenis Dari Fermentasi







1. Fermentasi alkohol
Fermentasi alkohol merupakan suatu reaksi pengubahan glukosa menjadi etanol (etil alkohol) dan karbon dioksida. Organisme yang berperan yaitu Saccharomyces cerevisiae (ragi) untuk pembuatan tape, roti atau minuman keras.

Reaksi kimianya:

{\displaystyle C_{6}H_{12}O_{6}\rightarrow 2\ C_{2}H_{5}OH+2\ CO_{2}} {\displaystyle C_{6}H_{12}O_{6}\rightarrow 2\ C_{2}H_{5}OH+2\ CO_{2}}
2. Fermentasi asam laktat
Fermentasi asam laktat adalah respirasi yang terjadi pada sel hewan atau manusia, ketika kebutuhan oksigen tidak tercukupi akibat bekerja terlalu berat

Di dalam sel otot asam laktat dapat menyebabkan gejala kram dan kelelahan. Laktat yang terakumulasi sebagai produk limbah dapat menyebabkan otot letih dan nyeri, namun secara perlahan diangkut oleh darah ke hati untuk diubah kembali menjadi piruvat. Glukosa dipecah manjadi 2 molekul asam piruvat melalui glikolisis, membentuk 2 ATP dan 2 NADH.

3 Fermentasi asam cuka
Merupakan suatu contoh fermentasi yang berlangsung dalam keadaan aerob. fermentasi ini dilakukan oleh bakteri asam cuka (acetobacter aceti) dengan substrat etanol. Energi yang dihasilkan 5 kali lebih besar dari energi yang dihasilkan oleh fermentasi alkohol secara anaerob.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages