Header AD

Aparat TNI Berhasil Mengagalkan Penyelundupan Mercury




Ambon Maluku, www.hcs-commando.com - Aparat gabungan TNI AD (Serka Yance anggota Kodim 1504/ 02 Sirimau) dan TNI AL (Pratu Firman anggota Marinir Yonmarhan Lan IX Lantamal IX/Ambon ) yang saat pagi tadi bertugas berjaga di pintu masuk Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon berhasil menggagalkan penyelundupan cairan berbahaya merkuri dari Ambon ke Surabaya.

Didapati tas yang berisikan Air Raksa ( Mercury ) sebanyak 75 ( tujuh puluh lima ) Kg yang di kemas di dalam 10 Botol aqua ukuran 600 Ml yang dibawah dengan menggunakan 2 Tas punggung warna hitam dan 1 buah tas samping warna loreng. Rencananya bahan berbahaya tersebut hendak dibawa menggunakan kapal Minggu pagi (20/10) dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju Surabaya untuk diperdagangkan. Namun berkat kesigapan dan kejelian aparat TNI yang berjaga, rencana menyelundupkan cairan berbahaya yang berbahan dasar batu sinabar berhasil digagalkan.

Aparat TNI yang berjaga berhasil mengamankan dua orang yang diduga sebagai pemilik barang atas nama Mansur Rahantan(28) warga Dusun Ani, Lokki, Kec. Seram Barat dan La Mu'min (25) warga Tanah Merah, Kec. Waisala kab. Seram Bagian Barat. Saat ini, dua orang tersebut serta barang bukti diamankan di Polsek KPYS Ambon untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengaku barang tersebut diperoleh dan dibeli dari Desa Iha, Kampung Hulung, Kab. Seram Bagian Barat, dengan harga perkilo Rp. 330.000 ( tiga ratus tiga puluh ribu rupiah ).tersangka  juga menambahkan bahwa Air Raksa ( Mercury ) tersebut akan dibawa ke Surabaya kepada seorang laki-laki yang biasa di panggil Bpk. Haji guna diperjual belikan.





Komandan Kodim 1504/Ambon Kol Kav Cecep Tendi Sutandi membenarkan tentang kejadian Penyelundupan Mercury tersebut. Sekitar pukul pukul 07.50 WIT, saat  salah satu anggotanya dan anggota TNI AL berjaga di pintu masuk Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon. Keduanya merasa curiga dengan gerak gerik calon penumpang tersebut saat hendak naik menuju ke atas kapal. Pratu Firman memanggil salah seorang keduanya dan langsung memeriksa tas mereka sehingga didapati barang bukti tersebut. (Pendam16)
Aparat TNI Berhasil Mengagalkan Penyelundupan Mercury Aparat TNI Berhasil Mengagalkan Penyelundupan Mercury Reviewed by berita on Oktober 20, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar