Header AD

Meriahnya Hari Wayang Nasional Di Sanggar Sri Kaloka Desa Purwodadi



Kebumen, Jateng - Danramil 19 /Kuwarasan Kapten Arh Siswoto Nurharjo menghadiri acara pagelaran wayang kulit dalam rangka Hari Wayang Nasional / Dunia tahun 2019 yang bertempat di Sanggar Sri Kaloka Komplek Wihara Budhikirti   Desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Jum'at malam (22/II/20I9)

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Jawa. Dan wayang kulit merupakan kekayaan nusantara yang lahir dari budaya asli masyarakat Indonesia yang mencintai kesenian. Tidak salah jika UNESCO mengakuinya sebagai warisan kekayaan budaya Indonesia yang bernilai adiluhung.

Tema Pada tahun ini adalah "Wisata Budaya Wayang Anut Jaman Kelakone"

Dalam rangka memperingati penetapan wayang sebagai "Warisan Budaya Dunia" oleh UNESCO, Sanggar Sri Kaloka Desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen menyelenggarakan kegiatan pagelaran wayang kulit oleh Ki Dalang Immanuel yang di hadiri Muspika Kec Kuwarasan, Bapak Saido selaku Tokoh Masyarakat,  Kades Purwodadi bpk Parsimin beserta perangkat desa, Babinsa Sertu Mukharor, Bhabinkamtibmas Bripka Zaenal, Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat desa Purwodadi dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Komandan Koramil 19/ Kuwarasan, Kapten Arh Siswoto Nurharjo mengatakan, sejak UNESCO menetapkan Hari Wayang Dunia pada 7 November 2003,  tahun ini Sanggar Sri Kaloka Desa Purwodadi menyelenggarakan Pagelaran wayang kulit, Danramil mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat mengimplementasikan pasal 4 UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, mengembangkan nilai - nilai luhur budaya bangsa, memperkaya keberagaman budaya,  memperteguh jati diri bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan citra bangsa". Ujar Danramil.  (Pen)
Meriahnya Hari Wayang Nasional Di Sanggar Sri Kaloka Desa Purwodadi Meriahnya Hari Wayang Nasional Di Sanggar Sri Kaloka Desa Purwodadi Reviewed by tribunusantara on November 22, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar